Apa yang dimaksud tips aman berselancar di internet? Pertanyaan bagus sekali. Maksudnya adalah supaya informasi penting tentang password akun-akun yang anda miliki agar tetap aman sehingga tidak akan bisa untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Meskipun hal ini sangat penting, namun tidak sedikit para Netter yang lalai disaat menggunakan akun media sosial seperti Twitter, Facebook atau Instragram ditempat umum. Dari kelalaian itulah sering terjadinya tindak kejahatan hingga berakibat vatal ketika akun sosial media milik anda jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Tips Aman Berselancar di Dunia Maya dan Ciri Konten Berbahaya
Tips Aman Berselancar di Dunia Maya dan Ciri Konten Berbahaya

Sebenarnya hal ini dapat berlangsung secara terus menerus, ketika orang lain yang menggunakan akun sosial media milik anda orang tersebut bisa saja dengan sesuka hati memposting hal-hal yang tidak baik entah itu status dengan kata-kata yang vulgar atau memposting gambar-gambar yang tidak senonoh. Tentu orang lain akan beranggapan jika hal itu anda yang melakukannya padahal jika melihat kebelakang akun Sosial Media anda sudah diha-ck orang lain yang ingin menjelekan image anda. Hal seperti ini juga bisa disebut sebagai Phi-sing.

Seperti yang dijelaskan pada blog "vendryfranandha" bahwa Phi-sing adalah cara untuk mencoba mendapatkan informasi seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik. Dan berikut adalah tips aman berselancar didunia maya.

Tips Aman Berselancar di Dunia Maya

1. Hindari Konten Berbau Por-nografi
Konten yang berbau por-no sebetulnya sudah diblokir dan sangat dilarang oleh Pemerintah karena banyaknya dampak yang tidak baik.

Bukan hanya konten por-no sebetulnya yang harus anda hindari adalah konten berbau keke-rasan, konten barbau nar-koba, konten berbau sen-jata api, konten berbau ra-sial, konten berbau per-judian, konten berbau te-roris dan masih banyak lagi.

2. Gunakan Program Internet Sehat
Cara menggunakan internet sehat ada banyak sekali sebenarnya, salah satunya adalah dengan menggunakan software yang dapat digunakan untuk safeinternet, para orang tua biasanya menggunakan aplikasi untuk menjalankan program internet sehat menggunakan Parental Control System.

Fungsi dari aplikasi Parental Control System adalah melakukan pencegahan serta melakukan perlingdungan terhadap anak dan remaja dari situs por-no dan situs berbahaya.

Jika anda masih bingung dengan Parental Control System, ini dia aplikasinya:
SafeSquid, OnlineFamily, Net Nanny, Microsft Familiy Safety, K9 Web Protection, PureSight Owl.

Ciri-Ciri Dari Konten Berbahaya

Bagi anda yang gemar menggunakan Sosial Media saat ini dihimbau untuk berhati-hati karena ada banyak bermunculan konten-konten por-no namun didalam konten tersebut sudah disisipkan virus.
Virus yang semula terdapat dari konten por-no tersebut berkamuflase seolah-oleh menjadi aplikasi yang selalu minta diupdate, jika anda melakukan update secara otomatis akun Sosial Media yang anda gunakan akan mengshare konten por-no yang telah disisipi virus ke teman-teman anda di Sosial Media. Hal seperti itu terus berlanjut jika setiap pemilik akun mengklik konten por-no tersebut.

Jika anda tidak ingin hal serupa menimpa anda, sebaiknya ada benar-benar hindari mengklik konten berbau por-no di akun Sosial Media yang anda gunakan. Yang paling membahayakan adalah didalam konten por-no tersebut terdapat lebih dari satu jenis virus yang bisa masuk ke jaringan Sistem Operasi perangkat anda, sudah ditemukan beberapa virus yang terdapat didalam konten por-no antara lain virus trojan, virus worm, Web Scripting virus, FAT virus.

Dari semua jenis virus tersebut yang paling berbahaya adalah virus Trojan, hal yang dapat dilakukan oleh virus Trojan yakni dapat menghapus data pada perangkat yang anda gunakan, dapat mencuri data-data dari perangkat yang anda gunakan dan memodifikasinya.

Selain itu virus trojan sangat sulit untuk dihilangkan, karena kemampuan virus ini yang berkamuflase didalam sistem operasi sebuah perangkat, ketika dilakukan scan oleh anti virus maka virus trojan tidak akan terdeteksi. Salah satu jalan yang dapat dilakukan untuk menghapus virus trojan dari dalam sistem operasi adalah dengan cara menginstall ulang perangkat yang anda gunakan.
Jika sudah tau dampak buruk dari konten por-no di Sosial Media, masihkan anda ingin mengklik konten tersebut? Semoga bermanfaat.