Di zaman modern ini siapa yang tidak tau tentang dunia maya? Dimana semua keberadaan dunia luar bisa dijangkau dan diakses dengan mudahnya, tanpa harus mengeluarkan uang yang begitu banyak. Yaa, inilah yang disebut dengan internet, kita hanya duduk manis saja didepan layar bisa tahu apa yang akan kita cari.


Jika berbicara masalah internet, sebenarnya banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan oleh pecandu internet ini. Karena internet tidak membatasi apa yang akan kita cari.

Salah satu contoh penyalahgunaan internet pada sekarang ini adalah banyak remaja atau anak-anak yang masih berseragam sudah bisa mengakses situs por-no baik video maupun gambarnya, disinilah mental moral yang tidak terkontrol mengakibatkan mereka berani berbuat asusila kepada teman sebayanya.

Menurut penulis, seharusnya hal demikian lebih diperhatikan oleh orang tua maupun mereka yang menyediakan jasa warnet contohnya mengunci situs-situs yang dapat merusak moral untuk para remaja maupun anak-anak.

Jika dikatakan dampak negative internet memang tidak pernah habis-habisnya, namun jangan hanya menilai yang negativenya saja, kita bisa melihat sisi positif yang dapat diambil dari hadirnya internet ini. Dari mana kita bisa melihat hal positif tersebut? Nah, untuk perlu diketahui disini penulis mengajak kepada semuanya untuk tidak mengecam internet sebagai sumber yang salah.

Orang yang mengatakan sumber yang salah hanya mereka yang tidak bisa memanfaatkan jaringan internet dengan benar dan penyalahgunaan itulah yang dapat menjerumuskan pemikiran mereka. Pengaruh positif dari internet yang dapat kita ambil sebagai berikut.

Pertama, internet sebagai sumber pengetahuan dunia luar yang tidak bisa kita jangkau. Dengan adanya internet untuk mengetahui dunia luar yang tidak bisa kita kunjungi cukup menuliskan saja kita bisa mengetahui semuanya, baik sejarah, tempat wisata,budaya, dan lainnya.

Kedua, internet sebagai media pembelajaran, kenapa demikian? Karena dengan adanya internet kita bisa mencari sumber kedua selain dibuku.

Ketiga, internet memudahkan masyarakat, karena pada zaman sekarang ini semua manusia yang selalu disibukkan oleh pekerjaannya tidak pernah ada waktu untuk melihat informasi secara langsung, dengan adanya internet ketertinggalan informasi sebelumnya bisa diakses kapanpun.

Keempat, internet bisa mendekatkan jarak manusia yang mungkin tidak bisa dijangkau dengan waktu yang begitu cepat.

Kelima, internet bisa dijadikan sumber informasi apapun yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan uang yang begitu banyak, misalnya untuk membeli beberapa buku yang dibutuhkan, kita bisa saja langsung mencari lewat internet.

Sebenarnya banyak lagi pengaruh positif yang dapat kita ambil dari hadirnya internet tersebut, hanya tergantung bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi dengan sebenar-benarnya.


Oleh karena itu, untuk semuanya jangan hanya melihat sisi negative dari internet tersebut, akan tetapi sesekali coba melihat pengaruh positifnya. Karena orang yang cerdas adalah mereka yang bisa memanfaatkan sesagala sesuatunya dengan benar.