Pada artikel ini admin akan berbagi tips cara pegang kabel listrik agar tidak kena setrum. Hal ini biasanya dilakukan orang saat menyambung kabel atau memperbaiki instalasi listrik namun tidak ingin listriknya mati.

Kabel listrik yang dimaksud adalah yang memiliki tegangan 220 Volt dengan arus AC (bolak-balik), seperti yang ada di rumah kita.


Berikut simak tipsnya agar tidak kesetrum saat memegang kabel listrik.
Video cara pegang kabel listrik agar tidak kesetrum:


Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menghindari kena setrum listrik sobat harus:
- Menghindari kontak langsung dengan bumi dengan menggunakan alas kaki yang terbuat dari karet, plastik, atau bahan isolator lainnya.
- Tubuh dalam keadaan tidak basah / berkeringat.
- Hanya memegang satu kabel saja. Jangan memegang kedua kabel (fasa & netral) secara bersamaan.

Dengan mengikuti prosedur diatas maka sobat tidak akan kena setrum. Namun, untuk pelaksanaannya harus tetap berhati-hati. Utamakan keselamatan kerja. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan tentang cara pegang kabel listrik agar tidak kesetrum yang admin kutip dari komentar komara ahmad.

"AWAS BAHAYA" BISA MENGAKIBATKAN KEMATIAN

Kalau tidak siap, jangan pernah coba-coba dengan listrik. Dalam ilmu listrik terdiri dari Beda Potensial atau Tegangan (Volt) , dan Arus (Ampere) . Perlu diketahui, badan kita hanya kuat menahan Tegangan rendah dan hanya kuat dialiri oleh Arus Listrik yang rendah pula.

Ketika kita menggunakan alat safety yang baik (memakai sepatu karet yang kering) saat tubuh menyentuh kabel yang bertegangan (Fasa), tubuh tidak bereaksi apa-apa, karena tegangan hanya berada pada tubuh kita saja, jadi tidak ada Arus Listrik yang mengalir.

Tapi ketika tubuh kita disentuh orang lain  yang tidak menggunakan sepatu, atau ketika sepatu yang kita gunakan ternyata ada kebocoran, maka tubuh kita akan dialiri oleh Arus listrik yang mengalir lewat darah kita menuju Bumi atau Tanah (Nol).

Proses mengalirnya Arus Listrik itu disebabkan oleh adanya beda Potensial antara kabel yang bertentangan (Fasa) dengan Bumi/ Tanah yang tidak bertentangan (nol).

Perlu diketahui, video di atas bukan untuk bahan percobaan, karena pada saat kondisi badan kita lemah atau basah tetep saja bakal TERSENGAT ATAU KESETRUM. Arus Listrik tetap akan mengalir pada  tubuh kita ketika badan kita lemah atau ketika tubuh tidak memiliki tahanan (meskipun kaki menggunakan sepatu karet atau isolator).