Sobat yang berniat ingin kembali atau beralih dari domain dot com ke blogspot bisa baca pengalaman saya dibawah ini supaya trafik diblog sobat tidak hilang. Kenapa pindah ke blogspot? karena beberapa hal, domain dot com mengalami masalah loading berat, halaman banyak yang error, iklan seperti adsense tidak mau tampil pada domain baru (custom domain), dan lain sebagainya.

Masalah loading berat dan sering error bisa saja terjadi karena penyedia domain tidak bagus dan tidak terpercaya sehingga hasilnya kurang memuaskan. Sedangkan iklan adsense tidak mau tampil dikarenakan akun adsense masih hosted yang hanya bisa tampil pada domain blogspot dan youtube atau layanan google lainnya. Kalaupun mengajukan permohonan agar iklan bisa tampil di domain dot com (custom domain) itupun juga sangat susah untuk dilakukan. Seperti saya waktu lalu yang sudah 5 kali ditolak oleh google adsense sehingga pada akhirnya memutuskan untuk back to blogspot.

Kembali ke blogspot trafik tidak hilang

Dari beberapa permasalahan di atas mungkin sobat benar-benar sudah memutuskan untuk kembali ke blogspot. Lalu jika pindah ke blogspot apa pengunjungnya tidak hilang? padahal blog yang dot com kan sudah ramai pengunjung dan juga sudah terindex di google dengan baik. Kalau pengunjung menemukan blog ini di google pasti akan terjadi error karena sudah tidak pake dot com lagi. Mungkin sobat bertanya-tanya seperti itu.

Pertanyaan itu sama dengan apa yang saya alamni waktu lalu. Meskipun sudah cari tipsnya tapi saya tidak menemukan jawabannya, yang ada hanya tutorial cara kembali ke blogspot tapi trafik akan hilang tanpa solusi yang tepat. Setelah 2 hari saya berfikir akhirnya saya mendapat ide. Seperti apa idenya? Berikut ulasannya.

Beberapa ide yang saya temukan adalah Pertama coba pindahkan dulu ke domain blogspot dengan cara login ke Blogger -> Settingan, lalu hapus custom domain hanya dengan menekan tanda x disebelah kanan nama domain dan domain sudah resmi kembali ke blogspot. Kedua supaya trafik tidak hilang lakukan pengalihan, untuk caranya simak cerita berikut. 

Karena saya berlangganan domain pada situs Idwebhost dan pernah chatting dengan customernya pada saat menanyakan masalah saat membeli domain, permasalahanya saya yaitu tidak memasukkan angka unik saat melakukan transfer sehingga saya khawatir tidak mendapatkan domain yang dipesan. Dengan senang hati mereka membantu untuk mengatasinya. Responya begitu cepat sehingga saya sangat puas dengan pelayananya. Akhirnya permasalahan pembelian domain teratasi saat itu. 

Nah.. dari peristiwa itu akhirnya saya berfikir, kenapa tidak minta bantuan saja ke customer service seperti dulu. Sehingga pada akhirnya saya menanyakan masalah ini ke customer service dan langsung minta bantuan dalam pengalihan domain dot com ke domain blogspot. CS bisa bantu tapi saya disuruh setting sendiri dengan mengikuti panduanya. Saya ragu takut salah setting, sehingga saya minta bantu saja untuk disetting sama cs itu.

CSnya mau bantu dan mencoba login ke akun saya. Diminta 4 digit angka terakhir kata sandi login Idwebhost, setelah saya berikan disuruh tunggu sebentar. Tidak lama kemudian, "pengalihan anda telah berhasil mohon tunggu propogasinya selama 7-8 jam" begitu balasan dari customer tersebut. Tidak sampai 3 jam setelah itu akhirnya saya coba akses domain dot com dan ternyata berhasil dialihkan ke blogspot tanpa ada error 401 atau segala macamnya.

Akhirnya saya kembali pada domain blogspot dan bilang see you next time domain dot com. Dan kembali pasang iklan adsense, recehan dollar kembali mengalir ke akun adsense miliki saya. Tidak disangka ternyata trafik blog makin naik dan penghasilan adsense pun meningkat 100% dari sebelumnya.


Itulah keputusanku untuk kembali ke blogspot karena telah putus asa mengajukan permohonan upgrade adsense ke akun non hosted. Sebenarnya bukan putus asa tapi saya ingin mencari cara lain agar bisa memiliki akun non hosted dengan membuat blog baru sebagus mungkin dengan domain dot com sehingga berharap lebih mudah untuk di approve nantinya. Demikianlah pegalaman saya sewaktu kembali ke domain blogspot supaya trafik atau visitor tidak hilang. Bagi sobat yang mengalami hal yang sama semoga pengalaman ini bisa membantu.