Waktu saya share postingan ke jejaring sosial seperti facebook tidak menampilkan deskripsi apa-apa, yang tampil hanyalah sebuah judul, nama blog dan gambar. Awalnya saya anggap itu biasa-biasa saja karena memang tidak akan mempengaruhi blog. Tetapi ketika saya melihat postingan web lain yang di dibagikan di facebook menampilkan sebagian skripsi yang terlihat menarik, dari situlah muncul keinginan untuk menampilkan deskripsi di blog saat dishare.

Tujuannya ialah biar lebih menarik dan membuat minat pembaca lebih penasaran untuk membacanya. Setelah cari sana-sini caranya, akhirnya saya tahu dan berhasil diterapkan di blog ini.

Sebelum deskripsi blog di pasang secara otomatis:

Setelah deskripsi blog di pasang secara otomatis:

Sudah lihat kan perubahanya. Bagi anda yang ingin "Menampilkan Desrikpsi Postingan Blog Saat di Share ke Facebook" silahkan ikuti tutorial ini:

1. Login ke Blogger seperti biasa.
2. Masuk ke Template > Edit HTML
3. Cari kode <data:post.body/> (gunakan CTRL+F untuk mempermudah mencarinya) biasanya kode tersebut lebih dari satu, maka cari kode yang kedua atau coba satu-persatu.
4. Setelah ditemukan letakan kode berikut tepat dibawah kode <data:post.body/>.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<b:if cond='data:post.snippet'>
<meta expr:content='data:post.snippet' name='description'/>
</b:if>
</b:if>


6. Simpan template.

Biasanya untuk postingan yang lama harus menunggu 2-3 hari supaya kode ini berfungsi. Sedangkan untuk postingan yang baru dibuat setelah memasang kode ini akan langsung aktif. Untuk cara mengeceknya silahkan lakukan debug pada postingan di Developers Facebook.

Masukan link postingan blog pada kolom yang tersedia lalu tekan debug. Lihat hasilnya dibawah, jika masih belum coba ulangi tekan Fetch new scrape information diatasnya. 

Begitulah cara mengecek berhasil atau tidaknya. Sekian tutorial "Cara Menampilkan Desrikpsi Postingan Blog Saat di Share ke Facebook" semoga bermanfaat.