Banyak orang yang tidak mengetahui sudah sukses atau belum blog yang mereka punya. Semakin sukses blog yang dipunya maka akan semakin meningkatkan pendapatan pemiliknya. Ini bisa didapatkan melalui iklan atau penjualan produk. Namun sukses atau tidaknya blog ini tidak hanya menentukan pendapatan pemiliknya. Hal ini dikarenakan banyak pemilik blog yang telah sukses dan populer tidak terlalu mementingkan masalah pendapatan ini. Mereka hanya ingin menyalurkan hobi mereka di bidang menulis dan memberikan manfaat bagi pembacanya.
Mengukur Kesuksesan Suatu Blog

Berikut parameter yang bisa anda gunakan untuk mengukur kesuksesan dari blog yang anda buat:

1. Traffic Blog Yang Tinggi
Untuk melihat blog anda sudah sukses atau belum ini melalui traffic yang tinggi. Traffic yang tinggi ini bisa menunjukkan banyaknya pengunjung yang datang ke blog anda. Traffic ini bisa anda amati secara harian, mingguan ataupun bulanan. Jika traffic harian anda sudah sangat tinggi maka blog anda ini sudah sukses. Anda bisa melihat unique visitor yang mengunjungi blog anda setiap harinya. Anda juga bisa berinteraksi dengan pengunjung blog anda melalui kolom komentar atau kolom diskusi.

2. Besarnya Pelanggan RSS
Anda juga bisa melihat kesuksesan blog ini melalui besarnya pelanggan RSS. Untuk mendapatkan pelanggan RSS atau subscriber ini tidak mudah, blog anda harus benar-benar menarik dan informatif. Biasanya seiring meningkatnya traffic pada blog anda maka pelanggan RSS juga akan ikut meningkat.

3. Tinggi atau Rendahnya Alexa Rank atau Google Page Rank
Anda juga bisa melihat kesuksesan dari blog ini melalui tinggi atau rendahnya alexa rank atau google page rank. Jika pada alexa rank maka semakin rendahnya peringkat maka blog tersebut semakin populer. Kebalikan dengan alexa rank, pada google page rank maka semakin tingginya peringkat maka akan semakin populer blog tersebut.

Sukses suatu blog ternyata juga ditentukan oleh niche yang dipilih. Memilih niche yang tepat dan sesuai bidang yang dikuasai maka akan dipastikan blog cepat berkembang hingga menjadi sukses.

Berikut tips menentukan niche blog:
- Anda bisa memilih niche blog yang anda sukai. Jika anda memilih niche yang anda sukai maka anda akan mengupdate blog anda dengan tulisan baru setidaknya satu kali sehari. Anda juga sangat dianjurkan untuk memilih niche blog yang anda kuasai sehingga anda bisa memberikan informasi kepada pengunjung blog anda.
- Anda juga bisa memilih niche blog yang banyak dicari oleh masyarakat. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai topik yang banyak digemari oleh masyarakat. Anda juga harus menguasai topik atau niche blog yang anda pilih ini.

Sebagai gambaran niche yang paling banyak digemari oleh masyarakat adalah bisnis. Namun untuk menulis blog yang memiliki niche bisnis ini maka anda harus benar-benar menguasainya. Anda setidaknya mempunyai pengalaman dan ketertarikan dengan dunia bisnis. Anda juga bisa memilih niche mengenai travelling. Dan anda bisa mengisi blog anda mengenai cerita perjalanan anda. Anda sebaiknya mempunyai hobi dalam dunia travelling ini. Anda bisa bekerja sama dengan teman-teman anda untuk menulis blog dengan niche travelling ini.