Sebelum membahas manfaat dan dampak pada komputer dan internet saya akan menjelaskan sedikit apa itu komputer dan internet. Komputer adalah suatu perangkat/alat yang digunakan untuk mengelola data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer pada awalnya dipergunakan oleh orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika. Tetapi, dengan perkembangan zaman, komputer tidak hanya dipergunakan untuk perhitungan aritmatika saja, tetapi juga untuk tugas – tugas yang lain.

Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topologi jaringan yang berbeda.

Manfaat Komputer dan Internet
Di era globalisasi ini banyak hal yang dilakukan oleh seseorang dengan komputer. Seperti membuat tugas sekolah bagi siswa. Komputer sangat berperan aktif dalam pendidikan atau pun dunia kerja.
Komputer juga bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas seseorang, seperti mebuat suatu karya, seperti gambar atau tulisan. Di zaman modern ini semua dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal dengan komputer.



Di dalam dunia komputer terdapat semua hal , seperti dalam bidang pelajaran, perkuliahan, pekerjaan dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas, berikut beberapa manfaat dari komputer dan internet :
- Komputer dan internet sebagai sarana mempermunah kerja
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapa di selesaikan dengan mudah.
- Komputer dan internet sebagai sarana komunikasi

Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada dari kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya bisa mendengar suara saja.

Dampak Negatif Komputer dan Internet


Komputer juga memiliki dampak buruk pada kita,  seperti:
- Menimbulkan pengangguran, hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan setiap individu, karna dalam penggunaan komputer membutuhkan kemampuan khusus.
- Memungkinkan seseorang, khususnya anak-anak budaya yang tidak baik untuk ditiru.
- Terlalu lama dampak merusak kesehatan pada tubuh kita.
- Jadi lupa waktu karena keasikan menggunakan komputer, seperti lupa dengan makan, beribadah belajar dan lain sebagai.
- Dapat merusak moral, dikarenakan bisa melihat budaya luar yang tidak bagus,
- Bisa berbuat kriminal, seperti memperkosa, dikarenakan sering milahat video yang tidak sewajar nya di lihat.
- Membuat siswa malas dalam segala hal seperti, membuat PR, belajar dan lain sebagai nya.
- Sering begadang dikarenakan kecanduan bermain komputer khusus nya bermain game.
- Membuat siswa sering bolos sekolah dikarenakan ingin bermain game online.
- Membuat siswa sering terlambat sekolah bahkan tidak sekolah karena sering begadang bermain game online

Baiklah sekian informasi yang dapat saya berikan kepada rekan-rekan tentang manfaat dan dampak negatif pada komputer dan internet.